"Katakanlah:"Dia-lah Allah, Yang Maha Esa". Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia." (Al Quran : Al Ikhlas 1-4)

Kamis, 17 Mei 2012

Bagaimana Bible Mengajarkan Posisi Tangan Saat Berdoa ?

http://imanuelcreative.blogspot.com
Bible mengajarkan bahwa jika seseorang berdoa hendaknya menengadahkan tangannya, dengan penuh permohonan.

"Oleh karena itu aku ingin, supaya di mana-mana orang laki-laki berdoa dengan menengadahkan tangan yang suci, tanpa marah dan tanpa perselisihan" (I Timotius 2:8)

Sikap berdoa dengan menadahkan tangan (menengadahkan tangan terbuka ke atas) menandakan bahwa orang yang berdoa tersebut mengharapkan turunnya hidayah, barokah dan keselamatan dari Allah bagi terkabulnya doa.  Sikap demikian juga menunjukkan sikap pasrah dan penghambaan yang tulus.  Tangan yang terbuka juga menunjukkan sikap pengakuan dosa dan pengharapan.  

Tetapi mengapa saat ini pemeluk agama Kristen ketika berdoa justru melipat kedua jari tangannya ?? Dari manakah dasar sikap berdoa demikian ?? Sedangkan Bible dengan jelas menyampaikan posisi tangan saat berdoa adalah dengan menengadahkan tangan terbuka ke atas. Wahai para pendeta/pastor di gereja, kenapa kalian sembunyikan ayat ini..??!!  

Selain dengan cara menengadahkan tangannya, Yesus (Nabi) pun sujud sembari berdoa kepada Tuhan. Belum pada tau ya..?? Para pendeta/pator pasti tidak pernah mengajarkannya, iya kan..??!! 
Silahkan baca Matius 26 : 38-39 
38. lalu kata-Nya kepada mereka: "Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku."
39. Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki." 

Perhatikan baik-baik ayat 38, di ayat tersebut Yesus berkata bahwa dirinya sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Kemudian Yesus meminta kepada orang-orang untuk  berjaga-jaga dan tetap bersama dengannya. Dengan situasi sekeliling saat itu dan kondisi hatinya yang sangat sedih bahkan seperti mau mati, Yesus kemudian bersujud dan berdoa kepada Tuhan.

Bible dengan jelas menyampaikan bahwa Yesus berdoa dengan cara menengadahkan tangan dan bersujud kepada Allah. BUKAN dengan cara melipat kedua jari tangan, BUKAN dengan cara membuat tanda salib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar